Jumat, 22 Agustus 2014

Bahan kuliah Proposal Penelitian angkatan 2011

BAHAN KULIAH PROPOSAL PENELITIAN

BACA DAN PELAJARI SECARA SAKSAMA:

SISTEMATIKA PROPOSAL
1.      JUDUL
2.      LATAR BELAKANG MASALAH
3.      RUMUSAN MASALAH
4.      TUJUAN PENELITIAN
5.      MANFAAT PENELITIAN
6.      TINJAUAN PUSTAKA
7.      LANDASAN TEORI DAN PENDEKATAN
8.      METODE PENELITIAN
     a. Studi Pustaka
      b.Pengamatan
            c.Wawancara
9.    ANALISIS DATA
10.  SISTEMATIKA PENULISAN

    

n  METODOLOGI: yaitu filsafat atau ilmu mengenai metode. Dengan demikian metodologi edalah membahas prosedur intlektual dlm totalitas komunitas ilmiah. Metodologi  mengimplikasikan metode tetapi bukan kumpulan metode, dan bukan deskripsi metode.
n  METODE : adalah cara cara strategi utk memahami realitas, langkah langkah sistematis utk memecahkan rangkaian sebab akibat berikutnya.
n  PARADIGMA : Perangkat keyakinan mendasar pandangan dunia yg berfungsi utk menuntun tindakan tindakan manusia yg disepakati bersama baik dlm kehidupan sehari hari maupun dlm penelitian ilmiah.

n  PENDEKATAN : adalah cara menyeleksi serta menyususn data dan fakta berdasarkan konsep atau teori tertentu, antara lain dari ilmu sosiologi, antropologe, psikologi dsb.
n  Dalam penulisan perlu dibedakan anatara metode dan pendekatan. Pada dasarnya pendekatan memiliki tingkat abstraksi yg lebih tinggi baik dng metode maupun dng teori.Dlm sebuah pendekatan dimungkinkan mengoperasikan teori dan metode. Maka pendekatan disejajarkan dng bdng ilmu tertentu spt ; pendekatan sosiologi sastra,antropologi dsb.

n  TEORI : adalah suatu pernyataan tt hakikat suatu kenyataan atau suatu fakta, atau tt hubungan antara kenyataan atau fakta tsb dng kenyataan atau fakta yg lain, dan kebenaran pernyataan tsb telah diuji melalui metode dan prosedur tertentu.
n  KERANGKA TEORI : (Ahimsa) seperangkat pernyataan tt hakekat, cara memandang, merumuskan, dan menjawab suatu persoalan dng menggunakan cara dan tata urut tertentu, yg akan dpt menghasilkan pernyataan tertentu tt persoalan tersebut.
n  KONSEP : adalah istilah-istilah atau kata kata yg diberi makna tertentu sehingga membuatnya dpt digunakan utk mamahami, menafsirkan, menganalisis dan menjelaskan peristiwa atau gejala sosial budaya yg dipelajari.  Istilah –istilah seperti : masyarakat, sosialisasi, enkulturasi, integrasi sosial, konflik dsb adalah merupakan konsep-konsep.

Ada tiga cara utk membedakan ; teori, metode dan teknik yakni sbb.
1. Dengan cara membedakan tingkat abstraksinya.
2. Dengan cara memperhtikan faktor mana yg lebih luas ruang lingkup pemakainnya.
3. Dengan caramemperhatikan hubungan dng obyek.
Secara hierarkis tingkat abstraksi yg tertinggi dimiliki oleh ; Teori, Metode , dan Teknik.
Teknik berhubungan dng data primer. Misal teknik wawancara, teknik rekaman, teknik kartu data dsb.
Metode sebagai alat sama dng teori. Klasifikasi, deskripsi,komparasi, sampling, induksi, deduksi, eksplanasi dan interpretasi, kuantitatif dan kualitatif adalah sejumlah metode dlm ilmu humaniora..
Pergeseran akibat perkembangan keilmuan dng cara pandangan metode metode yg lain dapat menjadi teori misalnya : metode hermeneutika, dialektika dsb.

Aspek
Penelitian Formal
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Pelaksana Penelitian
Dilakukan oleh orang luar
Dilakukan oleh guru, guru berkolaborasi dengan guru lain atau dosen
Masalah
Dapat berasal dari peneliti sendiri, dari luar kelas
Masalah yang terjadi di kelas (hasil observasi dan refleksi guru)
Sampel penelitian
Sampel harus representatif (terwakili), dipilih dengan teknik tertentu (misal acak)
Kerepresentatifan sampel tidak menjadi persyaratan penting. Subyek penelitian adalah kelas yang mempunyai masalah
Validitas (kesahihan)
Mengutamakan validitas internal   dan eksternal
Lebih mengutamakan validitas internal
Analisis
Menuntut penggunaan analisis statistik yang rumit
Tidak menuntut penggunaan analisis statistik yang rumit
Hipotesis
Mempersyaratkan hipotesis yang menunjukkan hubungan antara variabel bebas dan terikat
Tidak selalu menggunakan hipotesis. Hipotesis menggambarkan dampak tindakan yang akan dilakukan
Tujuan
Mengembangkan teori atau mencari temuan baru
Memperbaiki praktik pembelajaran secara langsung
Hasil penelitian
Hasil penelitian merupakan produk ilmu atau penerapan ilmu
Hasil penelitian merupakan metode praktis peningkatan mutu pembelajaran
Prosedur
Berlangsung linear (bergerak maju). Menggunakan rancangan dan kontrol yang ketat
Berlangsung siklis dan fleksibel terhadap perubahan rancangan






 

                                                                                       
                                                                                               
                                            
    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar